BERSIH DESA "LONGKANGAN"

Admin 23 Agustus 2018 16:47:30 WIB

Longkangan merupakan upacara adat masyarakat Desa Ngrencak. Upacara adat ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, atas limpahan rizqi yang diterima warga masyarakat desa Ngrencak. Tradisi ini juga berfungsi peringatan kepada leluhur. Adat Longkangan ini rutin diperingati di setiap sasi Selo atau Longkang dan sudah turun menurun sampai sekarang.

Waktu pelaksanaan sedekah dan Bersih Desa atau Longkangan ini dilakukan tiap Selo penanggalan jawa, tepatnya minggu pertama. Upacara adat ini biasa dilakukan pada siang hari menjelang sore bahkan sampai malam. Dengan diawali dengan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar Ampel Gading diteruskan dengan Rasulan dikediaman Juru Kunci, dalam tradisi longkangan ini juga selalu ada kesenian lain seperti tayub, wayang kulit atau yang lain sebagai pelengkap prosesi ini.   

Dipastikan setiap Longkangan ini digelar, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dan sudah turun temurun. Yang jelas acara seperti ini perlu kita lestarikan, sebagai bentuk perwujudan rasa syukur masyarakat, dengan harapan Allah berkenan memberikan keselamatan dan kemakmuran khususnya untuk Desa Ngrencak dan Kabupaten Trenggalek.

Komentar atas BERSIH DESA "LONGKANGAN"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pesan Redaksi

Bagi Pemuda/i desa yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari......bergabung dengan kami di website desa Ngrencak, caranya......datang langsung ke kantor redaksi web desa di kantor balai desa Ngrencak atau kirimkan tulisan/redaksi Anda ke email : ngrencak.panggul@gmail.com, setiap tulisan/redaksi harus disertai nama penulis dan dokumentasi. Salam desa online!.... Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri, dari Desa untuk Indonesia.....(Admin) Semoga kesehatan dan kesuksesan selalu menyertai kita

Portal Informasi Indonesia