NGEGEMI

Admin 21 Agustus 2018 18:11:22 WIB

Ngrencak, 15 Agustus 2018 Devisi ekonomi dari mahasiswa KKN IAIN Tulungagung berkerjasama dengan pemerintah Desa Ngrencak mengajak para pengrajin gerabah untuk bermusyawarah dalam pembentukan KUB (Kelompok Usaha Bersama). KUB (Kelompok Usaha Bersama) adalah kelompok warga atau keluarga binaan sosial yang dibentuk dan telah dibina melalui Program Kesejahteraan Sosial untuk melaksanakan usaha dalam semangat kebersamaan sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan, mengembangkan usaha, membangun interaksi dan kerjasama dalam kelompok, mendayagunakan potensi dan sumber ekonomi lokal, memperkuat budaya kewirausahaan, mengembangkan akses pasar, menyelesaikan masalah serta memenuhi kebutuhan.

Keberadaan KUB (Kelompok Usaha Bersama) ditengah-tengah masyarakat diharapkan dapat menjadi sarana dalam meningkatkan usaha ekonomi khususnya dalam peningkatan pendapatan. Kehadiran KUB inisebagai media untuk meningkatkan motivasi warga untuk lebih maju secara ekonomi dan sosial. Pembentukan KUB dimulai dengan proses pembentukan kelompok sebagai hasil bimbingan sosial, pelatihan keterampilan berusaha, bantuan stimulasi dan pendampingan.

Pembentukan KUB di Dusun Krajan Desa Ngrencak Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek yang diberi nama NGEGEMI (Ngrencak Gerabah Masa Kini). KUB NGEGEMI (Ngrencak Gerabah Masa Kini) ini adalah lembaga ekonomi yang menjadi wadah bagi masyarakat khususnya di Dusun Krajan dalam pengembangan industri gerabah. Masyarakat yang memiliki usaha pengrajin gerabah di teruskan secara turun temurun agar industri gerabah di Dusun Krajan ini tetap menjadi produk unggulan.

 

Devisi ekonomi dari mahasiswa KKN IAIN Tulungagung

Komentar atas NGEGEMI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pesan Redaksi

Bagi Pemuda/i desa yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari......bergabung dengan kami di website desa Ngrencak, caranya......datang langsung ke kantor redaksi web desa di kantor balai desa Ngrencak atau kirimkan tulisan/redaksi Anda ke email : ngrencak.panggul@gmail.com, setiap tulisan/redaksi harus disertai nama penulis dan dokumentasi. Salam desa online!.... Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri, dari Desa untuk Indonesia.....(Admin) Semoga kesehatan dan kesuksesan selalu menyertai kita

Portal Informasi Indonesia