GEBYAR BUDAYA UPACARA ADAT BERSIH DESA LONGKANGAN

Admin 15 Juni 2022 04:19:19 WIB

Selasa, 14 Juni 2022. Bertempat di Lapangan Desa Ngrencak Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek telah dilaksanakan Upacara Adat Bersih Desa yang akrab dengan sebutan "Longkangan". Acara upacara adat ini rutin dilaksanakan setiap tahun, yang tepatnya dilaksanakan setiap bulan Longkang dalam sebutan bulan Jawa. 

Hafir dalam acara ini :

1. Jajaran Muspika Kecamatan Panggul

2. Kepala Desa Ngrencak Beserta Perangkat

3. Ketua BPD Beserta Anggota

4. Bhabinkamtibmas Desa Ngrencak

5. Babinsa Desa Ngrencak

6. Lembaga Desa (RT, RW, LPM, Karang Taruna, PKK, TOGA TOMAS) Desa Ngrencak

7. Dan segenap Pandemen Seni Tayub

Acara ini dimulai pada pukul 19.30 WIB, dengan dibuka pentas Seni Tari dari Putra Putri Desa Ngrencak dengan menampilkan Tari Hiburan dan Tari Turonggo.

Kegiatan acara dibuka dengan pembukaan, dilanjutkan dengan paparan singkat tentang kegiatan longkangan yang diselenggarakan pada malam hari ini. Acara selanjutnya pembagian hadiah untuk para juara lomba kebersihan dan kenyamanan lingkungan yang diikuti oleh 4 RT, dengan rincian JUARA 1 diraih oleh RT 08 RW 04,JUARA 2 diraih oleh RT 07 RW 03, Juara Harapan 1 diraih oleh RT 09 RW 04 dan Juara Harapan 2 diraih oleh RT 10 RW 04. 

Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan:

1. Sambutan dari Bapak Agung Susilo selaku Kepala Desa Ngrencak. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini beda dari tahun-tahun sebelumnya, dan harapan beliau acara ini bisa menjadi event Desa secara rutin tiap tahun. 

2. Sambutan dari Bapak Camat Panggul, yaitu Bapak Agus Dwi Karyanto, SSTP. Beliau juga berharap acara ini bisa lebih ditingkatkan dan kedepannya dijadikan ajang untuk memperkenalkan Desa Ngrencak ke kalangan luar. 

3. Sambutan dari Bapak Kapolsek Pabggul, yaitu Bapak Budi Hartoyo. Bapak Kapolsek menyampaikan bahwa event di kesempatan malam hari ini diharapkan tetap dijaga ketertiban juga prokes walaupun saat ini sudah ada kelonggaran. Beliau juga menyampaikan bahwa kita tetap harus waspada dan hati-hati terhadap modus-modus penipuan. Saat ini modus-modus penipuan sangat marak dan memakai banyak cara. 

Beliau juga menyampaikan semoga dengan semangat kegiatan Bersih Desa ini, bisa mewujudkan Masyarakat Desa Ngrencak yang Adem, Ayem, Tentrem, Aman dan Kondusif. 

 

Acara dilanjutkan dengan Pagelaran Seni Tari Gambyong atau yang sering kita dengar dengan Langen Tayub atau Langen Bekso, yang merupakan kesenian yang harus diselenggarakan disetiap kegiatan Bersih Desa. Pagelaran ini berlangsung sampai berakhirnya kegiatan Bersih Desa. 

Acara selesai dan diakhiri kurang lebih pukul 23.00 WIB. 

 

Komentar atas GEBYAR BUDAYA UPACARA ADAT BERSIH DESA LONGKANGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pesan Redaksi

Bagi Pemuda/i desa yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari......bergabung dengan kami di website desa Ngrencak, caranya......datang langsung ke kantor redaksi web desa di kantor balai desa Ngrencak atau kirimkan tulisan/redaksi Anda ke email : ngrencak.panggul@gmail.com, setiap tulisan/redaksi harus disertai nama penulis dan dokumentasi. Salam desa online!.... Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri, dari Desa untuk Indonesia.....(Admin) Semoga kesehatan dan kesuksesan selalu menyertai kita

Portal Informasi Indonesia