PELATIHAN KERAJINAN GERABAH

Admin 19 Oktober 2021 00:45:51 WIB

Desa Wisata Kasongan adalah salah satu desa yang berada di Bantul D.I.Yogyakarta menjadi rujukan tempat Pelatihan Kerajinan Gerabah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Ngrencak Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek melalui Program Dana Desa Bidang Pemberdayaan Kemasyarakatan. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai realisasi progam yang telah tertuang dalam APBDesa Tahun Anggaran 2021.

Pelatihan Kerajinan Gerabah ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dengan Jadwal : Hari pertama adalah cara pembuatan gerabah  melalui Teknik putar.  Hari kedua adalah cara pembuatan gerabah melalui Teknik Cetakan. Hari ketiga adalah fiishing pengecetan gerabah. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh pelatihan yang sudah bersertifikat kepelatihan, yaitu Bapak Ngadiyana dan Bapak Tukardi. Beliau merupakan pengerajin gerabah professional sekaligus pelatih yang sudah melatih dibeberapa daerah luar propinsi.

“Pelaksanaan pelatihan kerjianan gerabah ini merupakan salah satu program pembangunan desa yang telah dianggarkan sejak tahun anggaran 2019, namun baru bisa merealisasikan kegiatan tersebut dikarenakan terjadinya refucussing anggaran karena dampak pademi covid-19”. Ujar Kepala Desa Ngrencak. “Dan sektor industri kecil merupakan salah satu bentuk strategi alternatif untuk mendukung perekonomian masyarakat desa”. Pungkasnya.

“Hasil ilmu atau pengalaman dari Pelatihan ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi para pengerajin sekaligus bisa meningkatkan kreatifitas juga ekonomi para pengerajin gerabah khususnya dan masyarakat desa pada umumnya.” Ujar Bapak Maryono salah satu anggota BPD juga merupakan Ketua Pokmas Kerajinan Gerabah Desa Ngrencak yang juga mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Komentar atas PELATIHAN KERAJINAN GERABAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pesan Redaksi

Bagi Pemuda/i desa yang punya hobby menulis atau tertarik dunia jurnalistik, mari......bergabung dengan kami di website desa Ngrencak, caranya......datang langsung ke kantor redaksi web desa di kantor balai desa Ngrencak atau kirimkan tulisan/redaksi Anda ke email : ngrencak.panggul@gmail.com, setiap tulisan/redaksi harus disertai nama penulis dan dokumentasi. Salam desa online!.... Berkarya dan Berinovasi demi menuju Desa yang Mandiri, dari Desa untuk Indonesia.....(Admin) Semoga kesehatan dan kesuksesan selalu menyertai kita

Portal Informasi Indonesia